Kamis, 14 Juni 2012

Italia Ingin Hapus Kenangan Buruk


AFP PhotoTimnas Italia sudah bertemu enam kali melawan Kroasia dan mengalami tiga kekalahan.
KOMPAS.com - Skandal pengaturan skor di Liga Italia Serie A yang terkuak tak lama menjelang Piala Eropa 2012 bergulir tentu menjadi beban tersendiri bagi para penggawa timnas Italia. Tak hanya itu, mimpi buruk tersingkir di babak grup Piala Dunia 2010 lalu tanpa sekalipun meraih kemenangan masih menghantui Gli Azzuri.

Apalagi dalam lanjutan laga Grup C di Stadion Municipal Poznan, Polandia Italia akan menghadapi Kroasia yang kini menjadi pemuncak grup setelah menghantam Irlandia 3-1. Jadi hasil seri melawan tim "tiki-taka" Spanyol belum bisa dijadikan patokan anak-anak asuhan Cesare Prandelli untuk bisa menaklukkan Kroasia.

Kroasia, sejak memisahkan diri dari Yugoslavia 1991 lalu tercatat enam kali berhadapan dengan Italia. Hebatnya, Kroasia memenangkan tiga laga dan dua laga berakhir imbang. Selain dukungan sejarah, Kroasia juga dipastikan akan tetap tampil agresif demi mencari kemenangan untuk mempelebar peluang mereka ke delapan besar.

Jika kalah dari Italia maka tugas berat menanti tim asuhan Slaven Bilic ini, sebab di pertandingan terakhir akan menghadapi juara dunia Spanyol.

Pertandingan krusial
Menghadapi Kroasia, Italia kemungkinan tidak akan bermain terlalu terbuka. Prandelli kemungkinan akan kembali menggunakan empat pemain bertahan dengan skema 4-4-1-1.

Di lini tengah, Danielle de Rossi yang saat menghadapi Spanyol menjadi center back akan dikembalikan ke lini tengah bersama Andrea Pirlo. De Rossi akan memiliki tugas utama mengawasi dan mematikan pergerakan playmaker Kroasia Luca Modric agar tidak bisa menyuplai bola ke duet penyerang Mario Mandzukic dan Nikica Jelavic.

"Pertandingan melawan Kroasia adalah pertandingan krusial. Saya yakin akan menghadapi pertandingan sulit," ujar Prandelli.

Untuk menghadapi pertandingan krusial ini Prandelli nampaknya akan menduetkan Antonio Cassano dan Antonio Di Natale serta menyimpan striker bengal, Mario Balotelli. Di Natale dipilih karena selain sebagai pencetak gol ke gawang Spanyol, pemain Udinese itu juga dianggap lebih mudah beradaptasi dengan tim ketimbang Super Mario.

Selain itu, belum stabilnya emosi Balotelli menjadi pertimbangan lain Prandelli untuk tidak menurunkan pemain Manchester City itu.

"Mario baru berusia 21 tahun dan dia masih dalam proses pendewasaan," kata Prandelli.

"Saya hanya meminta dia bermain sedehana tanpa memikirkan harus menyelesaikan pertandingan sendirian," tambah Prandelli mengomentari kegagalan Balotelli memaksimalkan peluangnya saat menghadapi Spanyol.

Tidak gentar
Sementara itu, pelatih Kroasia Slaven Bilic besar kemungkinan tetap mempertahankan anggota tim yang mengalahkan Irlandia 3-1.

Di lini depan, Bilic akan mengandalkan ketajaman Mario Mandzukic dan Nikica Jelavic yang menyarankan semua gol ke gawang Irlandia.

Bilic akan mengantisipasi agresivitas Italia yang mengejar kemenangan meski memastikan timnya tidak akan melakukan taktik defensif.

Kroasia akan memaksakan kemenangan, sebab meski hasil imbang masih membuka peluang negeri itu melaju ke babak delapan besar namun mereka harus menghadapi Spanyol di laga pamungkas.

Meski dalam pertemuan kedua negara Kroasia masih unggul atas Italia, Bilic menegaskan dia tidak akan menganggap enteng Gli Azzuri.

"Prandelli telah mengubah gaya dan filosofi bermain Italia. Mereka kini tampil mirip Spanyol," kata Bilic.

"Italia juga memiliki pemain-pemain hebat dan cara bermain mereka sulit diduga. Namun, seperti halnya tim lain, Italia juga memiliki kelemahan dan kami akan berusaha memanfaatkan itu," tandas Bilic.

Meski demikian, Bilic menegaskan, Kroasia tidak gentar menghadapi Italia dan sudah memiliki cara untuk menghadapi juara dunia empat kali itu.

"Saya perkirakan kami memiliki peluang sama yaitu 50-50," tegas Bilic.
Sumber :
BBC Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah di blog ini dengan Etika yang Baik dan Cerdas
✗ Jangan mencantumkan link ex: http://xxx
✗ Jangan berkomentar yang mengandung SARA atau hal yang NEGATIF lainnya !!
✗ Jangan sampai komentarmu masuk ke dalam SPAM !!
(◕‿-) TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG (-‿◕)